5 Tips Menjadi Salesman Handal

Menjadi seorang salesman membutuhkan teknik marketing yang benar-benar nyata. Salesman adalah penjual produk, keuntungan yang didapatkan adalah hasil dari jumlah produk yang ia jual. Semakin banyak produk yang terjual maka bonus atau keuntungan yang ia dapatkan semakin banyak pula. Nah, berikut saya tuliskan 5 tips menjadi salesman handal yang dikutip dari quotes-nya Albert Einstein seorang ilmuan hebat sepanjang masa.



  1. Tunjukkan rasa ingin tahu saat berkomunikasi


    Komunikasi dengan prospek atau pelanggan adalah jalan yang harus dilalui untuk mendapatkan akses masuk ke si prospek atau pelanggan. Setelah berhasil masuk dan sudah satu frekuensi dengan prospek maka untuk mengajak prospek membeli produk kita akan lebih mudah bahkan bisa menjadikan seorang prospek sebagai pelanggan setia produk yang kita jual. Namun komunikasi awal yang kita bangun tidak hanya komunikasi biasa layaknya penjual biasa. Keluarkanlah rasa ingin tahu saat Anda berkomunikasi dengan prospek atau klien, setelah Anda memperkenalkan produk atau menanyai sesuatu tentang si prospek, tanggapilah jika ia berkata dan berusahalan menciptakan komunikasi yang hangat. Nah, jika pelanggan atau klien sudah merasa nyaman berkomunikasi dengan kita, itu artinya kita sudah berhasil menguasainya.

  2. Fokus terhadap Target


    Target adalah hal penting jika kita ingin menggapai posisi salesman lebih tinggi. Dengan target kita bisa mendapatkan rangkaian jadwal untuk mendapatkan target tersebut. Nah, fokuslah dan tatap tajam target Anda maka dengan sendirinya Anda akan diarahkan menuju target Anda agar segera tercapai.

  3. Jangan Takut Berbuat Salah
    Kesalahan dalam berbisnis ibarat langit mendung berawan, sesuatu yang pasti ada. Untuk itu camkan mindset bahwa kesalahan adalah hal yang pasti dan harus kita lakukan jika ingin sukses dan mencapai target kita.

  4. Ciptakan Energi Positif
    Salesman sering kali dilalui pikiran-pikiran negatif dalam kerjanya. Hal ini sangat normal, namun dengan bekal fokus terhadap target, dan jangan takut gagal harus membangun energi positif dalam diri sehingga apapun yang akan terjadi hal positiflah yang harus dipikirkan. Hal inilah yang menjadi poin penting seorang salesman yang sukses.

  5. Ubah Cara yang Salah
    Menjadi salesman yang handal kita juga harus bisa menganalisa penyebab kegagalan. Jangan sampai melakukan kesalahan berulang-ulang dalam bisnis karena hal tersebut yang akan menghambat kita menuju target kita. Analisalah hal-hal yang membuat Anda merasa jalan di tempat atau bahkan turun dan segera cari cara lain. Selalu ada jalan meuju roma, maka pasti banyak cara mengubah cara lama yang salah. Fokus dan percayalah pada diri Anda.

Nah, demikian 5 tips penting dan harus Anda lakukan untuk menjadi seorang salesman handal. Dasarilah diri Anda dengan impian yang besar dan terus fokuslah terhadap target Anda. Semakin yakin Anda terhadap impian Anda maka tercapai atau tidaknya impian itu bukan hal yang perlu dipertanyakan karena jawabannya sudah pasti. Yang perlu kita tanyakan adalah seberapa cepat kita mencapai imian kita itu.

wdcfawqafwef