Pengertian dan Karakteristik Antena

Pengertian dan Karakteristik Antena



Pada tulisan kesempatan ini saya bakal membahas sedikit perihal pengantar antena, apakah itu antena, bagaimana prinsip kerja dari antena. Matakuliah antena ini saya peroleh hari ini lebih tepanya di semester enam, serta seperti umum, untuk kuliah pertama dimuka semester, dosen senantiasa memberi pengantar kuliah terlebih dulu. Untuk lebih detailnya tentang antena Insya Allah bakal saya bahas lagi sekian hari kedepan.

antena

Seperti yang tampak pada gambar diatas, mungkin saja banyak dari kita yang telah lihat antena type ini. Antena ini kerap sekali di pakai di sebagian rumah-rumah warga yang lebih di fungsikan juga sebagai antena TV.

Apakah Antena itu?
Menurut dari sebagian rekomendasi yang saya baca serta sebagian pengertian antena yang telah di sampaikan dosen dikelas, antena yaitu satu piranti yang bisa berbentuk kawat atau batang yang bisa pancarkan maupun terima gelombang radio. Ada pula yang mendefinisikan lain tentang antena, yakni adalah fasilitas transisi dari gelombang yang terpandu ke ruangan bebas. Biasanya gelombang radio yang di pancarkan maupun diterima oleh antena yaitu berbentuk gelombang elektromagnetik. Nah, bagaimana terjadinya momen gelombang elektromagnetik pada antena? Tersebut penjelasannya.

Gelombang Elmag pada Antena

gelombang elmag pada antena

Seperti yang kita kenali bahwa arah medan itu bergerak dari segi positif ke negatif. Nah, tersebut yang bakal berlangsung berkali-kali pada antena. Hingga bakal menyebabkan medan elektromagnetik, lalu bakal muncul elektron yang bergerak-gerak hingga timbulah style. Dari style tersebut timbullah arus serta medan magnet. Dengan memakai persamaan maxwel jadi timbullah gelombang elektromagnetik pada antena. Lantaran maxwell menyebutkan bahawa gelombang elektromagnetik itu bisa muncul lantaran ada medan yang berubah-ubah pada saat.

Type-Jenis Antena
Ada beragam jenis antena yang telah banyak di terapkan pada bagian telekomunikasi. Sebagian salah satunya yaitu :

1. Antena kawat
antena kawat

2. Apperture antenna
Apperture antena

3. Microstrip antenna
Microstrip antena


4. Reflector antenna
Reflector antenna

5. Smart antenna

wdcfawqafwef